Nama Mata Kuliah : Pengembangan Media dan Inovasi Pembelajaran
Berbasis ICT.
Kode Mata Kuliah : KSD310
SKS : 2 Teori 1 Praktek
Dosen : Eko Budi Prasetyo, M.Pd
Deni Hardianto, M.Pd
Program Studi : Pendidikan Guru Sekolah
Dasar (PGSD)
Prasyarat : -
Waktu Perkuliahan : Semester Gasal
Deskripsi Mata Kuliah : (mata kuliah membahas tentang pengembangan media dan inovasi pembelajaran
berbasis ICT, yang dimulai dari dasar media dan inovasi pembelajaran, desain,
pengembangan dan produksi pembelajaran berbasis ICT)
Pengalaman Belajar : (Kegiatan belajar dalam mata kuliah ini dilakukan dengan pertemuan tatap
muka dalam bentuk teori dan praktek, teori akan disampaikan dalam bentuk
diskusi, ceramah, dan FGD, sedangkan praktek akan dilaksanakan di lab. Komputer
untuk membekali mahasiswa dalam mengembangkan media berbasis ICT. Selain dari
itu mahasiswa juga dituntut untuk mengerjakan tugas-tugas dalam bentuk makalah
dan tugas produk).
Uraian Pokok Bahasan Tiap Pertemuan
Pertemuan
|
Tujuan Perkuliahan
|
Pokok Bahasan
|
Metode
|
1
|
Memahami gambaran umum
Perkulihan (kontrak belajar) dan penjelasan tentang mata kuliah.
|
· Perkenalan
· Kontrak belajar
· Penjelasan umum tentang mata kuliah
|
Brainstorming
|
2
|
Memahami tentang media
pembelajaran.
|
Pada pokok bahasan ini
akan di paparkan tentang; Pengertian media pembelajaran, Manfaat media
pembelajaran, Jenis dan klasifikasi media pembelajaran
|
Diskusi
|
3
|
Mengerti tentang inovasi pembelajaran
|
Pada pokok bahasan ini akan di paparkan tentang;
Pengertian inovasi pembelajaran, alasan perlunya inovasi dalam dunia
pembelajaran, dan
ICT sebagi inovasi pembelajaran
|
Diskusi
|
4
|
Menjelaskan konsep dasar ICT
|
Pada pokok bahasan ini
akan di paparkan tentang; pengertian ICT, hakikat TI dan hakikat Informasi
|
Diskusi
|
5
|
Menjelaskan beberapa contoh implementasi atau pemanfaatan
ICT dalam dunia pendidikan/pembelajaran di SD.
|
Pada pokok bahasan ini akan di paparkan tentang; ICT untuk mendukung belajar masal/
clasikal, ICT untuk mendukung belajar mandiri, dan ICT untuk mendukung sistem
administrasi, serta ICT untuk mengembangkan personality, dll.
|
Diskusi
|
6
|
Menganalisis Dampak
Implementasi ICT dalam pembelajaran
|
Pada pokok bahasan ini
akan di paparkan tentang; Dampak negatif dan dampak positif.
|
Diskusi
|
7
|
Menjelaskan Pengembangan
Media Berbasis ICT
|
Pada pokok bahasan ini
akan di paparkan tentang; komputer sebagai media pembelajaran dan penyususnan
media berbasis komputer
|
Diskusi
|
8
|
UTS (ujian Tengah Semester)
|
|
|
9
|
Mengembangkan media berbasis ICT
|
Desain media berbasis
komputer
Menyusun storyboard
Mengembangkan
flowchart
|
Ceramah
FGD
Praktek
|
10-13
|
Memahami software untuk
mengembangkan media pembelajaran berbasis komputer
|
·
Praktek microsoft office
· Praktek macromedia (autoware
|
Praktek
|
14
|
Pengumpulan Produk media
|
|
|
Evaluasi Hasil Belajar
:
Jenis tagihan
|
Konversi nilai dalam huruf
|
1. Kehadiran 10%
2. Keaktifan 15%
3. Tugas penyususan
makalah 15%
4. Tugas 15%
5. UTS 20%
6. UAS (produk media
berbasis TIK) 25%
|
86 – 100 A
81 – 85 A-
76 – 80 B+
71 – 75 B
66 – 70 B-
60 – 65 C+
56 – 60 C
40 – 55 D
|
|
|
Mengetahui,
Ketua Jurusan
|
Pengampu Mata Kuliah
.....................................
|
Tugas Menyusun
Makalah Kelompok
Mahasiswa dalam satu kelas dibagi menjadi 6 kelompok
(jumlah menyesuaikan)
Ketentuan Penyusunan Makalah
Ø
Diketik 1 1/2 Spasi font: time new roman 12 atau Arial 11
Ø Jumlah halalaman: minimal 10 halaman maksimal 15 halaman.
Ø Sistematika makalah
·
Cover (memuat; judul, logo, nama kelompok)
·
Pendahuluan
·
Pembahasan
·
Penutup
·
Daftar Pustaka (minimal 3 sumber Buku dan 2
Sumber lain; internet atau jurnal)— halaman sumber yang ”dikutip” dilampirkan
dalam makalah (di fotocopy).
Ø Ringkasan makalah di
fotocopy sejumlah mahasiswa.
Ø Makalah dikumpulkan dalam bentuk hardcopy
dan softcopy.
Tema makalah
Kelompok
|
Tema
|
1
|
Media pembelajaran.
|
2
|
Inovasi pembelajaran
|
3
|
Konsep dasar ICT
|
4
|
Implementasi atau
pemanfaatan ICT dalam dunia pendidikan/pembelajaran di SD.
|
5
|
Dampak Implementasi ICT
dalam pembelajaran
|
6
|
Pengembangan Media
Berbasis ICT
|
AKTIVITAS DISKUSI
KELOMPOK
Hari :
Tanggal :
Kelompok :
Topik :
Penyaji
|
:
|
|
Moderator
|
:
|
|
Anggota
|
1.
|
6.
|
|
2.
|
7.
|
|
3.
|
8.
|
|
4.
|
9.
|
|
5.
|
10
|
Pertanyaan
|
Penanya
|
Penanggap
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
SISTEMATIKA HANDOUT
Handout 1: Pertemuan 1 atau pertemuan 1 dan 2
Pokok Bahasan :
Tujuan Perkuliahan :
Uraian :
Tugas :
Cirebon,
Pengembang
Mata Kuliah
Penulis
Handout
(..................................)
NIP:
Handout 2 : dst
Keterangan :
- Handout bisa untuk 1 atau 2 kali pertemuan
0 comments:
Post a Comment