Friday, November 17, 2017

Contoh SILABUS Pengembangan Media dan Inovasi Pembelajaran Berbasis ICT.

           
Nama Mata Kuliah           : Pengembangan Media dan Inovasi Pembelajaran
   Berbasis ICT.
Kode Mata Kuliah            : KSD310
SKS                                   : 2 Teori 1 Praktek
Dosen                               : Eko Budi Prasetyo, M.Pd
   Deni Hardianto, M.Pd
Program Studi                 :  Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Prasyarat             : -
Waktu Perkuliahan         : Semester Gasal
Deskripsi Mata Kuliah    : (mata kuliah membahas tentang pengembangan media dan inovasi pembelajaran berbasis ICT, yang dimulai dari dasar media dan inovasi pembelajaran, desain, pengembangan dan produksi pembelajaran berbasis ICT)
Pengalaman Belajar       : (Kegiatan belajar dalam mata kuliah ini dilakukan dengan pertemuan tatap muka dalam bentuk teori dan praktek, teori akan disampaikan dalam bentuk diskusi, ceramah, dan FGD, sedangkan praktek akan dilaksanakan di lab. Komputer untuk membekali mahasiswa dalam mengembangkan media berbasis ICT. Selain dari itu mahasiswa juga dituntut untuk mengerjakan tugas-tugas dalam bentuk makalah dan tugas produk).

Uraian Pokok Bahasan Tiap Pertemuan
Pertemuan
Tujuan Perkuliahan
Pokok Bahasan
Metode
1
Memahami gambaran umum Perkulihan (kontrak belajar) dan penjelasan tentang mata kuliah.
·  Perkenalan
·  Kontrak belajar
·  Penjelasan umum tentang mata kuliah
Brainstorming
2
Memahami tentang media pembelajaran.
Pada pokok bahasan ini akan di paparkan tentang; Pengertian media pembelajaran, Manfaat media pembelajaran, Jenis dan klasifikasi media pembelajaran
Diskusi
3
Mengerti tentang inovasi pembelajaran
Pada pokok bahasan ini akan di paparkan tentang; Pengertian inovasi pembelajaran, alasan perlunya inovasi dalam dunia pembelajaran, dan
ICT sebagi inovasi pembelajaran
Diskusi
4
Menjelaskan konsep dasar ICT
Pada pokok bahasan ini akan di paparkan tentang; pengertian ICT, hakikat TI dan hakikat Informasi
Diskusi
5
Menjelaskan beberapa contoh implementasi atau pemanfaatan ICT dalam dunia pendidikan/pembelajaran di SD.
Pada pokok bahasan ini akan di paparkan tentang;  ICT untuk mendukung belajar masal/ clasikal, ICT untuk mendukung belajar mandiri, dan ICT untuk mendukung sistem administrasi, serta ICT untuk mengembangkan personality, dll.
Diskusi
6
Menganalisis Dampak Implementasi ICT dalam pembelajaran
Pada pokok bahasan ini akan di paparkan tentang; Dampak negatif dan dampak positif.
Diskusi
7
Menjelaskan Pengembangan Media Berbasis ICT
Pada pokok bahasan ini akan di paparkan tentang; komputer sebagai media pembelajaran dan penyususnan media berbasis komputer
Diskusi
8
UTS (ujian Tengah Semester)

9
Mengembangkan media berbasis ICT
Desain media berbasis komputer
Menyusun storyboard
Mengembangkan flowchart
Ceramah
FGD
Praktek
10-13
Memahami software untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis komputer
·  Praktek microsoft office
·  Praktek macromedia (autoware
Praktek


14
Pengumpulan Produk media



Evaluasi Hasil Belajar   :
Jenis tagihan
Konversi nilai dalam huruf
1. Kehadiran                                                   10%
2. Keaktifan                                                    15%
3. Tugas penyususan makalah                      15%
4. Tugas                                                         15%
5. UTS                                                             20%
6. UAS (produk media berbasis TIK)             25%

86 – 100                      A
81 – 85                        A-
76 – 80                        B+
71 – 75                        B
66 – 70                        B-
60 – 65                        C+
56 – 60                       C
40 – 55                        D







   

              Yogyakarta, Agustus 2010
Mengetahui,
Ketua Jurusan




Pengampu Mata Kuliah




.....................................






















Tugas Menyusun Makalah Kelompok

Mahasiswa dalam satu kelas dibagi menjadi 6 kelompok (jumlah menyesuaikan)


Ketentuan Penyusunan Makalah

Ø  Diketik 1 1/2 Spasi font: time new roman 12 atau Arial 11
Ø  Jumlah halalaman: minimal 10 halaman maksimal 15 halaman.
Ø  Sistematika makalah
·         Cover (memuat; judul, logo, nama kelompok)
·         Pendahuluan
·         Pembahasan
·         Penutup
·         Daftar Pustaka (minimal 3 sumber Buku dan 2 Sumber lain; internet atau jurnal)— halaman sumber yang ”dikutip” dilampirkan dalam makalah (di fotocopy).
Ø  Ringkasan makalah di fotocopy sejumlah mahasiswa.
Ø  Makalah dikumpulkan dalam bentuk hardcopy dan softcopy.

Tema makalah

Kelompok
Tema
1
Media pembelajaran.
2
Inovasi pembelajaran
3
Konsep dasar ICT
4
Implementasi atau pemanfaatan ICT dalam dunia pendidikan/pembelajaran di SD.
5
Dampak Implementasi ICT dalam pembelajaran
6
Pengembangan Media Berbasis ICT













AKTIVITAS DISKUSI KELOMPOK

Hari                             :
Tanggal                      :
Kelompok                  :
Topik                          :
Penyaji          
:
Moderator         
:
Anggota
1.
6.

2.
7.

3.
8.

4.
9.

5.
10

Pertanyaan
Penanya
Penanggap









































SISTEMATIKA HANDOUT



Handout 1: Pertemuan 1 atau pertemuan 1 dan 2
Pokok Bahasan           :
Tujuan Perkuliahan     :
Uraian                         :
Tugas                          :




Cirebon,
Pengembang Mata Kuliah
Penulis Handout



(..................................)
NIP:



Handout 2 : dst









Keterangan :
  1. Handout bisa untuk 1 atau 2 kali pertemuan
Uraian bisa berbentuk peta konsep tidak harus bentuk narasi 

Waras Jeh

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright @ 2015