Wednesday, September 6, 2017

PENGERTIAN MANAJEMEN

Siapa yang membutuhkan manajemen ?
 Perusahaan (bisnis)
 Semua tipe organisasi
 Semua tipe kegiatan

Mengapa manajemen dibutuhkan ?
1.     Untuk mencapai tujuan organisasi
2. Untuk menjaga keseimbangan di antara tujuan-tujuan
3. Untuk yang saling bertentangan mencapai efisiensi dan efektifitas

Efisiensi
Adalah kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar
Derajat atau tingkat pengorbanan dari suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan
Konsep matematika : Ratio antara output (keluaran) dan input (masukan)
Output :
> Hasil
> Produktivitas
> Performance
Input :
> Tenaga Kerja
> Bahan Baku
> Uang
> Mesin dan Waktu

Seorang Manajer Efisien :
• Manajer yang bisa mencapai Output lebih tinggi dari input yang digunakan
• Manajer yang    dapat meminimumkan biaya penggunaan sumberdaya–sumberdaya untuk    mencapai output yang telah ditentukan.
• Manajer    yang    bisa    memaksimumkan output dengan jumlah input yang terbatas

Efektifitas
•Merupakan kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat atau peralatan yang tepat untuk mencapai     tujuan yang telah ditetapkan
•Derajat atau tingkat pencapaian hasil yang diharapkan

Manajer yang efektif :
Dapat memlilih pekerjaan yang harus dilakukan atau metode/ cara yang tepat untuk mencapai tujuan
Peter Drucker mengatakan bahwa:
•  Efektifitas  adalah  melakukan  pekerjaan  yang  benar
   (doing the right things)
•  Efisiensi  adalah  melakukan  pekerjaan  dengan  benar
   (doing things right)

Pengertian Manajemen
•   Manajemen  merupakan  proses  perencanaan (Planning), pengorganisasia(Organizing),pengarahan    (Actuating) dan pengawasan (Controlling) usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan           sumberdaya- sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah
    ditetapkan
•   Ilmu      tentang      upaya      manusia untuk memanfaatkan   semua   sumber   daya yang
    dimilikinya   untuk   mencapai   tujuan secara efektif dan efisien

Manajemen :
• Sebagai Ilmu (Science)  ilmu terus berkembang
 utk pembuatan keputusan
• Sebagai Seni (Art)  perencanaan, kepemimpinan, komunikasi &
segala sesuatu yang menyangkut manusia
• Sebagai Profesi
 Profesional     : pembuatan keputusan berdasarkan prinsip umum
 pendidikan formal
 Para  profesinal  mendapatkan  status  karena prestasi bukan favorit, suku dan kriteria lain 

Waras Jeh

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright @ 2015