Monday, August 28, 2017

TAUHID

Persegi Bersudut Tumpul: Ramadhan Saleh
MPI
TAUHID

Kita patut bersyukur pada Allah Subhanahu wa Ta’ala, bahwa kita dilahirkan dalam keadaan beragama Islam. Karena Islam adalah agama keselamatan yang akan membawa kita kepada kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Islam juga memberikan kita pedoman dan petunjuk yang harus kita pegang yaitu Alquran dan Al-Sunnah.
Kebahagiaan tidak dapat diraih dengan mudah hanya dengan kita beragama islam, tapi kita harus mempelajari ajaran-ajaran Islam dengan serius dan benar, karena belajar agama Islam hukumnya wajib. Dalam Islam yang harus pertama kita pelajari adalah tentang tauhid, yaitu mengesakan sang Pencipta Allah Ta’ala.
Para ulama, seperti Syaikh Ibnul Qoyyim membagi tauhid menjadi tiga berdasarkan dalil-dalil dari Alquran dan Al-Sunnah, yaitu tauhid “Uluhiyyah”, tauhid “Rububiyyah” dan tauhid “Al-Asma’ wa “Ash-Shifaat”.
Tauhid “Uluhiyyah”[1] artinya adalah mengesakan Allah Ta’ala dengan segala bentuk ibadah yang lahir maupun batin, dalam wujud ucapan maupun perbuatan, lalu menolak segala bentuk ibadah terhadap selain Allah Ta’ala, siapapun adanya, sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Israa’:23 yang artinya “…Dan Rabb-mu telah memerintahkan supaya kamu jangan beribadah kepada selain-Nya…”.
Tauhid “Rububiyyah”[2] adalah pengakuan sejati bahwa Allah adalah Rabb dari segala sesuatu dan Raja dari segala sesuatu, pencipta dan pemelihara segala sesuatu, yang berhak mengatur segala sesuatu.Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-An’aam:1 yang artinya “…Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan langit dan bumi,dan mengadakan gelap dan terang…”.
Tauhid “Asma’ dan Sifat”[3] adalah mengimani segala sifat yang digambarkan oleh Allah untuk diri-Nya dalam Kitab-Nya, atau sifat yang digambarkan oleh Rasul-Nya dalam hadits, yakni berupa “Al-Asma’ , Al-Husna, dan Ash-shifat Al-Ula. Seperti firman-Nya dalam surat Thaaha:110 yang artinya “..Dia mengetahui apa yang ada dihapan mereka dan apa yang ada dibelakang mereka, sedangakan ilmu mereka tidak dapat meliputi ilmu-Nya.”


10 Hadits Klik Disini

Waras Jeh

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright @ 2015