Wednesday, August 30, 2017

AKHLAK TASAWUF

AKHLAK TASAWUF

      Ajaran Islam adalah ajaran yang bersumberkan wahyu Allah S.W.T, Al Quran yang dalam penjabarannya dilakukan oleh hadist Nabi Muhammad S.A.W. Masalah Akhlak dalam ajaran Islam sangat mendapatkan perhatian yang begitu besar. Akhlak adalah perangai yang melekat pada diri seseorang yang dapat memunculkan perbuatan yang baik tanpa mempertimbangkan pikiran terlebih dahulu.
      Akhlak merupakan tolak ukur kesempurnaan iman seseorang, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda : “Orang Mu’min yang paling sempurna imannya ialah yang terbaik akhlaknya. Akhlak menurut Prof.Dr.Ahmad Amin Akhlak adalah kehendak yang dibiasakan,artinya bahwa kehendak itu bila membiasakan sesuatu,maka kebiasaan itu dinamakan akhlak Tasawuf adalah suatu kehidupan rohani yang merupakan fitrah manusia dengan tujuan untuk mencapai hakikat yang tinggi, juga bisa dijadikan jalan spiritual dan merupakan dimensi batin. Jadi bahwa apa yang berkaitan dengan perbuatan jiwa disebut dengan Tasawuf. Dalam pandangan Hamzah Fansuri, kemuliaan manusia terletak pada kesempurnaannya dalam berhubungan dengan Allah S.W.T.
manusia yang paling sempurna adalah mereka yang mampu memanifestasikan keseluruhan sifat Tuhan dalam dirinya.

Waras Jeh

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright @ 2015